Wednesday, April 12, 2017

Keuntungan Dalam Investasi Tanah Kavling

Keuntungan Dalam Investasi Tanah Kavling - Pastinya anda berminat untuk berinvestasi tanah kavling. Salah satu jenis investasi yang menjanjikan karena tidak membutuhkan perawatan. Namun sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi tanah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti legalitas kavling apakah bermasalah apa tidak (free, clean dan clear).

Free sendiri mengandung arti bebas dari sengketa, nama yang ada dalam sertifikat tanah harus sesuai dengan nama pemilik. Clean artinya tanah yang sedang dijual tidak sedang digunakan untuk usaha atau ditempati oleh seseorang yang bukan haknya. Clear sendiri yaitu ukuran tanah harus sesuai dengan yang tertera pada sertifikat. Seperti batas-batasnya harus sesuai.

Berikut keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi tanah kavling:

1. Capital gain, siapa saja pasti mengerti bahwa harga tanah tiap tahunnya mengalami kenaikan. Persentase kenaikan dalam setahun bisa mencapai 20%-25% dan setelah 5 tahun bisa mengalami kenaikan sampai dua kali lipatnya. Oleh sebab itu bagi pemula investasi tanah sangatlah cocok. Sebaiknya untuk jenis property yang memiliki potensi yang bagus dalam waktu dekat jangan dijual. Tunggu sekiranya harga sudah naik signifikan. Setelah lima tahun biasanya kenaikan property akan sangat terasa.

2. Dari sisi biaya, untuk tanah kosong seperti tanah kavling tidaklah membutuhkan biaya yang besar untuk perawatan dan tidak menyulitkan. Beda halnya untuk investasi property yang bentuknya apartemen, toko, kios, rumah dan ruko harus selalu dipantau dan pastinya membutuhkan biaya yang cukup besar.

3. Ada nilai tambah, nilai tambah tersebut dapat diperoleh jika anda melakukan pengembangan terhadap lahan itu. Sekarang banyak yang melakukan pengembangan perumahan dengan skala kecil dengan mengemasnya dalam bentuk cluster. Bisa juga lahan dikembangkan menjadi sebuah ruko jika tempatnya strategis untuk usaha.

4. Persediaan vs permintaan, persediaan dan permintaan tanah berbanding terbalik yaitu permintaan tanah akan terus bertambah sedangkan persedian tanah tidak akan berkembang. Menurut hokum ekonomi jika permintaan naik maka penawaran juga naik. Jadi bisnis ini sangat menjanjikan jika ditekuni.

5. Dapat diperuntukan untuk bisnis yang lain. Dengan berinvestasi maka anda akan memperoleh keuntungan lain seperti memiliki sarana berbisnis.
Baca:

No comments:

Post a Comment