Friday, February 12, 2016

Gerakan Bulan

Seperti halnya bumi, satelit bumi, bulan juga memiliki dua macam gerak, yaitu gerak rotasi dan juga gerak revolusi. Kedua gerakan itu juga menyebabkan beberapa pengaruh sebagai berikut:
·                     Rotasi Bulan
Bumi berputar pada porosnya, bulan pun berputar pada porosnya yang dinamakan rotasi bulan. Selama 29 ½ hari bulan melakukan satu putaran.

·                     Revolusi Bulan
Selain bergerak pada porosnya, bulan juga bergerak mengelilingi Bumi, gerakan ini disebut sebagai revolusi bulan. Adapun bulan memerlukan waktu sebulan atau selama 29½ hari untuk berevolusi. Nah saat bulan berevolusi, daerah Bulan yang terkena Matahari luasnya berubah-ubah. Sehingga bentuk Bulan yang terlihat dari Bumi juga ikut berubah. Adanya pasang surut laut dipengaruhi oleh revolusi bulan.

Pengaruh gerakan bumi dan bulan menyebabkan berbagai peristiwa seperti gerhana bulan dan gerhana matahari.

1. Gerhana Bulan
Cahaya matahari yang terhalang oleh bumi menuju ke bulan menyebabkan gerhana bulan. Posisi bulan, bumi dan matahari dalam satu garis lurus itulah posisi ketika terjadi gerhana bulan. Gerhana bulan bisa selama 6 bulan. Akan tetapi untuk gerhana total hanya terjadi selama kurang lebih 1 jam 40 menit.

2. Gerhana Matahari
Peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan yang mengakibatkan terhalangnya cahaya matahari sampai ke bumi disebut gerhana matahari. Posisi matahari, bumi, dan bulan dalam satu garis lurus itulah posisi ketika terjadi gerhana matahari. Paling lama gerhana matahari terjadi selama 7 menit 40 detik. Gerhana matahari tidak diperbolehkan untuk dilihat dengan mata telanjang karena akan menyebabkan kerusakan pada mata.
Gerhana matahari dibagi menjadi tiga acam yaitu gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari total.

No comments:

Post a Comment