Friday, February 5, 2016

Persebaran Flora dan Fauna

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna.  
2. Faktor Tanah (Edafik)
Media untuk tumbuh tumbuhan yaitu tanah. Edafik berasal dari kata edapos yang berarti tanah atau lapangan. Berikut ini adalah pengaruh tanah terhadap pertumbuhan vegetasi. 
  • Tekstur tanah. Tanah dengan tekstur kasar, seperti krikil dan pasir kasar atau halus seperti lembung, kurang baik untuk pertumbuhan vegetasi. Tanah yang baik untuk media tanam memiliki komposisi perbandingan pasir, debu, dan lempung yang seimbang.
  • Tingkat kegemburan. Tanah yang gembur memudahkan tumbuhan dalam menyerap mineral dala tanah.
  • Mineral organik. Mineral organik disebut juga humus merupakan hasil penguraian dari jasad renik makhluk hidup.
  • Kandungan air tanah. Penyerapan mineral oleh akar tumbuhan akan dipermudah oleh kandungan air dalam tanah.
  • Kandungan udara tanah. Respirasi melalui akar tumbuhan tidak lepas dari peran udara yang terkandung di dalam tanah. 
3. Faktor Topografi (Fisiografi )
Yang termasuk dalam topografi adalah ketinggian dan kemiringan suatu wilayah. Adalah ketinggian suatu tempat yang juga menyebabkan perbedaan jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang menempatinya.
Kemiringan permukaan tanah menyebabkan perbedaan ketebalan tanah. Secara umum tanah dengan kemiringan yang tinggi jumlah hewan dan tumbuhannya lebih sedikit dibandingkan dengan tanah dengan permukaan yang rata.
4. Faktor Biotik (Manusia, Hewan dan Tumbuh-Tumbuhan) 
Faktor biotik seperti manusia juga mampu mempengaruhi perubahan lingkungan, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan. Manusia juga sangat berperan dalam keberadaan tumbuhan dan hewan di suatu tempat tertentu. Penyebaran tumbuhan dan hewan ke tempat lain mampu dilaukan oleh manusia. Keberlangsungan tumbuhan dan hewan juga tidak lepas dari peran manusia.
Faktor hewan seperti serangga, burung, kelelawar juga tupai berperan dalam penyerbukan tumbuhan. Bakteri penyubur tanah juga mempengaruhi tumbuh-tumbuhan yang mendiami tanah tersebut.

No comments:

Post a Comment